Sabtu, 26 Januari 2019

Teknologi Pertanian Alami Tanpa Biaya

Program Pertanian Alami Nasional akan segera digalakkan. Program ini mengadopsi pertanian alami dari negara bagian yang berada di India. Konsep ini mengklaim sangat alami dan mampu meningkatkan produktifitas hasil tani seperti Produksi Padi yang meningkat hingga 15%, produksi kacang tanah anik menjadi 26%, dan kapas lebih baik sebesar 10%. Hal ini diklaim oleh pemerintah Andhra Pradesh, negara bagian India yang memprakarsai pertanian yang alami tanpa adanya intervensi dari pupuk kimia.
Pertanian Alami
Pertanian Alami

Sebelumnya, Negara Bagian Andrha Pradesh mengklaim telah mengimplementasikan program pertanian yang alami tanpa biaya ini semenjak tahun 2016 dengan melibatkan sebanyak 40 ribu petani. Hingga kini pada tahun 2018, jumlah peserta yang ikut serta dalam program pertanian alami ini telah menjadi 253.000 petani. Untuk itu, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ingin sekali mendorong adanya kerja sama pertanian alami dengan biaya nol alias Zero Budget Natural Farming/ZBNF.

Luhut menyebutkan abhwa dalam pembicaraannya dengan Chief Minister Andhra Pradesh, N. Chandrababu Naidu dirinya menyatakan akan mengirimkan delegasi dari sejumlah 6 kabupaten di Indonesia untuk dapat pergi ke negara bagian Andhra Pradesh bulan depan agar dapat mempelajari teknlogi dan pengetahuan yang bermanfaat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar