Sabtu, 26 Januari 2019

Stok Beras Bulog 2019

Stok Beras Bulog akan mengalami kelebihan pasokan. Hal ini dikarenakan Cadangan beras pemerintah telah mencapai 2,1 juta ton. Sedangkan target penyerapan beras hingga bulan APril 2019 diperkirakan mencapai 1,8 juta ton. Sementara itu, kapasistas penyimpanan beras bulog hanya mampu menampung sebanyak 3,6 juta ton. Sehingga, ada kelebihan 300 ribu ton beras pada saat panen raya bulan April - Mei 2019.
Stok Beras Bulog
Stok Beras Bulog

Untuk itu, pemerintah telah menjajal pasar ASEAn agar dapat menyerap kelebihan pasokan beras dalam negeri atau dengan kata lain, pemerintah berencana untuk ekspor beras. Dan dalam arti alin, Indoneisa bisa berswasembada beras. Oleh akrenanya, petani tidak perlu merasa khawatir produksi berasnya tidak dapat terserap karena gudang bulog telah penuh. Karena Bulog akan tetap menyerap produksi beras petani denagn cara mengekspor komoditi beras tersebut ke pasar ASEAN.

Budi Waseso, Direktur utama Perum Bulog mengaku telah melakukan penjajakan terhadap 3 negara tujaun ekspor untuk dapat membeli beras bulog. Budi Waseso juga menjelaskan bahwa ada beberapa negara yang sudah dihubungi dan menyatakan siap untuk membeli pasaokan beras bulog karena mereka memang membutuhkan beras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar