Minggu, 09 Desember 2018

Pengaruh Internet Indonesia PDB

Tumbuh pesatnya Internet Indonesia ternyata baru sedikit berkontribusi bagi perekonomian di Indonesia. Gross merchandise value / GMV atau nilai ekonomi internet pada negara - negara di kawasan asia tenggara pada tahun 2015 masih sebesar 32 miliar dolar amerika serikat atau setara dengan angka sebesar 1,5% terhadap PDB atau produk domestik bruto.
Internet Indonesia
Internet Indonesia

Kemudian mengalami pertumbuhan menjadi sebesar 72 miliar rupiah atau setara dengan 2,8% terhadap produk domestik bruto pada tahun 2018 dan diproyeksikan akan meningkat menjadi sebesar 24 miliar dolar amerika serikat atau sebesar 8% terhadap produk domestik bruto kawasan pada tahun 2025 mendatang. Angka transaksi tersebut disokong oleh tumbuhnya permintaan terhadap berlangganan layanan video dan juga musik dan jga sektor online lainnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan GMV Amerika Serikat yang telah mencapai 6,5%, Nilai ekonomi internet pada kawasan asia tenggara masih sangat tertinggal namun perbdedaan persentasenya kian menyempit di penghujung tahun 2018 ini. GMV di Vietnam terkesan sangat pesat berkembang dan telah mencapai angka sebesar 4% dari produk domestik bruto Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar